IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A 15 Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh - GEMPITA JAWA BARAT

15 Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh

GEMPITA Jabar - Jagung, tanaman pangan yang satu ini selain dikenal sebagai penghasil karbohidrat yang tinggi setelah beras dan gandum. Tahukah Anda bahwa manfaat jagung untuk kesehatan tubuh sangat banyak.

Jagung bisa dikonsumi dengan cara diolah menjadi penganan tertentu atau bisa dimakan langsung setelah direbus atau dibakar. Kira-kira manfaat apa saja sih yang dimiliki jagung untuk kesehatan tubuh kita?

Manfaat jagung untuk tubuh yang sangat mudah dirasakan yaitu jagung sebagai sumber energi. Kalau manfaat lainnya? Ini dia manfaat jagung untuk tubuh

Jagung Lancarkan Pencernaan
Jagung merupakan salah satu makanan kaya serat, baik serat larut dan tidak larut. Serat larut dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol. Selain itu, konsumsi jagung mampu membuat buang air besar lebih lancar, menghindarkan dari masalah sembelit, wasir, hingga kanker usus besar.

Jagung Cegah AnemiaVitamin B12 dan asam folat hadir dalam jagung, untuk mencegah anemia yang disebabkan oleh kekurangan vitamin ini. Jagung juga memiliki tingkat zat besi yang signifikan dan merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah baru. Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab utama anemia juga.

Jagung Merupakan Sumber EnergiJagung termasuk sayuran bertepung yang mampu memberikan energi pada tubuh. Termasuk dalam jenis karbohidrat kompleks membuat konsumsi makan ini dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga energi pun berlangsung stabil.

Jagung Sumber Kalori
Jagung merupakan sumber yang kaya kalori dan sering dijadikan makanan pokok. Kandungan kalori jagung adalah 342 kalori per 100 gram, yang merupakan salah satu jenis sereal yang tinggi. Hal tersebut membuatnya jagung sering dikonsumsi untuk mendapatkan berat badan yang cepat. Kondisi pertumbuhan jagung yang fleksibel, membuatnya penting bagi kelangsungan hidup puluhan negara berbasis pertanian

Jagung Menurunkan Kolesterol LDL Jagung kaya Vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang menjaga jantung sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu mampu mengurangi menyerepan kolesterol dalam tubuh.

Jagung Kurangi Risiko Wasir
Kandungan serat dari satu cangkir jagung, mencukupi 18,4% serat dari jumlah harian yang dibutuhkan akan membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir. Serat akan membantu buang air besar, yang merangsang gerak peristaltik dan bahkan merangsang produksi asam lambung dan empedu. Hal ini juga dapatmengurangi kemungkinan diare.

Jagung Menaikkan Berat BadanJagung dikenal sebagai pilihan karbohidrat bagi orang yang memiliki tubuh kurus. Hal ini disebabkan jagung kaya karbohidrat serta kalori yang mampu menambah berat badan bagi mereka yang kekurangan.

Jagung Sumber Vitamin B
Jagung kaya akan manfaat vitamin b, khususnya Thiamin dan Niacin. Thiamin penting untuk menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif. Kekurangan niasin dapat menyebabkan penyakit yang ditandai dengan diare, demensia dan dermatitis yang umumnya diamati pada orang kekurangan gizi. Jagung merupakan sumber asam pantotenat, karbohidrat, protein, dan lemak. Kekurangan asam folat pada wanita hamil dapat menyebabkan kelahiran bayi yang cacat tabung saraf. Biji jagung kaya akan manfaat vitamin E, sebagai antioksidan alami yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perlindungan tubuh.

Jagung Cegah Diabetes dan HipertensiKonsumsi secara teratur biji jagung membantu dalam pengelolanan insulin pada diabetesi. Selain itu melindungi dari hipertensi karena ada kandungan phenolic phytochemicals.

Phenolic phytochemicals mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan paku dan tetes untuk pasien diabetes dan memungkinkan mereka untuk mempertahankan gaya hidup yang normal.

Jagung Kuatkan Tulang
Jagung mengandung mineral seperti magnesium, zat besi, dan fosfor yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Terpenuhinya nutrisi ini mencegah tulang retak saat tua.

Jagung Bagus untuk Kesehatan Mata

Zat karotenoid pada jagung mengurangi risiko gangguan penglihatan pada mata. Warna kuning pada jagung merupakan sumber yang kaya beta karoten, untuk membentuk vitamin A dalam tubuh dan sangat penting untuk memelihara mata dan kulit. 

Beta karoten merupakan sumber vitamin A karena dikonversi dalam tubuh, tetapi hanya dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh. Vitamin A bisa menjadi racun jika terlalu banyak dikonsumsi, sehingga menurunkan vitamin A melalui transformasi beta karoten sangat ideal. Manfaat vitamin A juga berguna bagi kesehatan kulit dan lendir membran, serta meningkatkan sistem kekebalan tubu

Jagung Bersifat Anti
Penelitian telah membuktikan antioksidan dalam jagung bisa melawan kanker. Selain itu, sayuran yang termasuk biji-bijian ini sumbur senyawa fenolik yang efektif memerangi tumor pada payudara dan hati.

Jagung Bagus untuk Dikonsumsi Ibu Hamil
Jagung kaya asam folat yang bermanfaat bagi ibu hamil. Kekurangan asam folat pada wanita hamil sebabkan bayi lahir dengan berat badan kurang serta cacat saraf.

Jagung Menyehatkan Jantung
Jagung yang diolah menjadi minyak jagung memiliki sifat anti-atherogenic sehingga melindungi dari penyakit kardiovaskular.

Jagung Cegah AlzheimerJagung mengandung thymine yang membantu fungsi sel-sel otak atau fungksi kognitif. Senyawa ini juga dibutuhkan untuk sintesis asetilkolin yang penting bagi memori terkait fungsi ingatan seperti Alzheimer.

Sekian manfaat jagung untuk kesehatan tubuh, semoga menginspirasi. Sudahkah Anda makan jagung hari ini?

Referensi
http://health.liputan6.com/read/2324411/12-manfaat-hebat-jagung-bagi-kesehatan
http://manfaat.co.id/manfaat-jagung
Sumber gambar: http://timesofindia.indiatimes.com/thumb/msid-6218976,width-400,resizemode-4/6218976.jpg

No comments:

Powered by Blogger.