IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Target Swasembada Pangan 2016 Menuju Indonesia Lumbung Pangan 2045 - GEMPITA JAWA BARAT

Target Swasembada Pangan 2016 Menuju Indonesia Lumbung Pangan 2045

GEMPITA Jabar - Dalam artikel sebelumnya kita telah berbagi mengenai Indonesia Lumbung Pangan Dunia tahun 2045. Target tersebut diwujudkan dengan cara bertahap, melibatkan seluruh elemen yang terkait.

Keberhasilan dari semua target tersebut bisa dikatakan berada di pundak kita semua. Bagaimanapun masa depan pangan, masa depan bangsa adalah milik kita bersama.

Target Swasembada Pangan 2016-2045


Perjalanan menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045 ini diwujudkan secara bertahap dengan melalui pencapaian swasembada pangan di berbagai sektor pertanian.

2016 ditargetkan swasembada padi, bawang merah dan cabai. Menurut pengamat pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Hermanto J. Siregar, kinerja Mentan Andi Amran dalam meningkatkan produksi beras nasional, mampu menghentikan impor dan melakukan swasembada beras tahun 2016.

2017 ditargetkan swasembada jagung, proses kerjanya saat ini melibatkan seluruh pemuda tani di Indonesia yang terhimpun dalam Gerakan Pemuda Tani Indonesia (GEMPITA). Program ini sedang berjalan dalam jangka waktu 3-4 bulan ke depan target swasembada jagung akan segera bisa diwujudkan.

2019 ditargetkan swasembada kedelai dan gula, 2025 ditargetkan swasembada gula industri, 2026 ditargetkan swasembada daging sapi, dan 2033 ditargetkan swasembada bawang putih sehingga di tahun 2045 Indonesia menjadi lumbung pangan dunia.

Gerakan Pemuda Tani Indonesia GEMPITA

Program swasembada pangan ini mendapat berbagian pujian dari berbagai kalangan,Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba mengatakan kinerja Kementan berhasil mewujudkan swasembada padi tahun ini. Dengan produksi padi 79, 14 juta ton merupakan prestasi tersendiri di tengah lahan pertanian yang semakin susut.

"Ini sebuah prestasi di saat lahan makin susut karena alih fungsi, produksi justru malah naik. Karena kuncinya itu di lahan, khususnya yang di daerah-daerah, tapi ternyata kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah berhasil mengatasi permasalahan yang ada," ujar Purba. 

Referensi
Sumber gambar: Penulis (AM)

No comments:

Powered by Blogger.