IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Indonesia Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045 - GEMPITA JAWA BARAT

Indonesia Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045

GEMPITA Jabar - Beberapa tahun yang akan datang sekitar tahun 2050 populasi manusia di muka bumi akan berada pada angka rawan. Di mana jumlah populasi tidak seimbang dengan jumlah ketersediaan pangan. Bicara keseimbangan, alam senantiasa memiliki hukumnya sendiri.

Alam akan melakukan proses alami untuk mengembalikan keseimbangan itu, dalam tulisan Dan Brown yang berujudul Inferno proses penyeimbangan itu akan membuat manusia menangis darah. Tidak adakah jalan lain yang bisa dilakukan manusia?

Sebelum titik getir datang, manusia dituntut untuk melakukan kerja ekstra agar keseimbangan tersebut tetap terjaga. Artinya kita bisa memperlambat laju populasi atau kita bisa memperbanyak dan mempercepat laju produksi pangan. Keduanya bukan jalan yang mudah.

Kementan Siap Wujudkan Indonesia Swasembada Pangan


Semua negara di dunia telah menyadari hal itu, semuanya berlomba-lomba mempersiapkan diri menyongsong tahun 2050. Ketika ledakan populasi itu terjadi, negara-negara yang tetap berdaulat ketika itu hanyalah negara-negara yang memiliki kedaulatan pangan. Indonesia harus menjadi salah satu negara itu.

Pemerintah telah melakukan banyak langkah untuk menjaga keseimbangan tersebut, wacana terbesarnya adalah Indonesia menjadi lumbung pangan dunia 2045. Apakah itu mungkin?

Tentu saja, sangat mungkin, teramat sangat memungkinkan. Indonesia sebagai negara agraris yang memiliki kondisi geografis terbaik di muka bumi bisa mewujudkan itu. Indonesia bisa menjadi juragan pangan dunia.

Perjalanan menuju cita-cita tersebut harus segera dimulai dari sekarang, melibatkan semua pihak mulai dari pucuk pimpinan sampai ke tingkat elemen masyarkat paling bawah. Kita harus bahu-membahu, mewujudkan cita-cita tersebut.

Sebelum mampu menjadi lumbung pangan dunia, Indonesia tentu harus mampu berswasembada pangan, tidak ada lagi impor, tidak ada lagi krisis harga, tidak ada lagi gagal panen, produktivitas pangan selalu terjaga.

Gerakan Pemuda Tani Indonesia GEMPITA Jabar

Hasil yang signifikan telah diperlihatkan oleh kinerja pemerintah beberapa waktu belakangan ini. Target-target yang realistis telah menjadi kenyataan, Indonesia bisa swasemada jagung, swasembada beras, swasembada pangan lainnya. 

Menuju swasembada pangan bukanlah perkara muluk, Kementrian Pertanian telah melakukan banyak terobosan terkait tujuan-tujuan tersebut. Berbagai gerakan telah diluncurkan Kementan agar sektor pertanian bisa bergerak lebih cepat. Cita-cita menjadi lumbung pangan dunia tentu akan bisa diwujudkan, kita hanya perlu terus bekerja, jangan sampai produktivitas pangan berhenti. 

Dan GEMPITA Jawa Barat sebagai "wakil" Kementrian Pertanian, alias representasi negara dalam hal sektor pertanian akan selalu berada di garis terdepan membangun Indonesia swasembada pangan, mewujudkan Indonesia lumbung pangan dunia tahun 2045. Ayo, bergabung bersama kami, Gerakan Pemuda Tani Indonesia (GEMPITA)!  

Referensi
Penulis: AM
Sumber gambar: http://www.theplaidzebra.com/wp-content/uploads/2014/08/The-2045-Initiative_Main-750x400.jpg

No comments:

Powered by Blogger.